TELAGA WARNA DIENG

Telaga warna dieng

Telaga warna dieng dari sekian keunikan dieng telaga warna adalah salah satunya.

Telaga warna memiliki 4 warna, merah kuning hijau dan biru Separti pelamgi.

Keunikan telaga tersebut adalah dari sisi yang terkena  pembiasan / pemantulan matahari. Jika kita melihat dengan berlawanan arah matahari kadang telaga berwarna biru dan hijau. jika kita melihat dari arah matahari kadang berwarna merah dan kuning. Penampakan warna telaga warna tegantung pada matahari. Jika musim hujan biasanya telaga warna hanya memberi warna hijau dan biru.

 

Menurut mitos, telaga warna dulu tidak ada warnanya, seperti telaga telaga  biasa lainya. Tapi ketika perang dinasti sailendra para bangsawan menyimpan pusaka,emas dan harta lainya di telaga warna,supaya aman. Dan karna saking banyaknya pusaka,emas, dan perhiasan lainya maka telaga tersebut berubah menjadi banyak warna karna dari pantulan emas dan perhiasan juga pusaka yang disimpan di dalam telaga warna. Nah menurut mitos terdahulu kurang lebihnya seperti itu.

 

Tapi menurut versi ilmiah berdasarkan penelitian dari BMKG sebenarnya telaga warna adalah kawah yang telah mati ratusan tahun dan tempatnya yang seperti  piring, seiring berjalanya waktu kawah tersebut menampung air hujan dan jadilah telaga warna.

 

 

Kenapa ya?? Kok telaga warna berwarna???

Nah begini gays penjelasanya. Kawah yang mati ratusan tahun dan diatas permukaan kawah mengendap belirang belirang dan mengeras, karna bentuk kawah yang mati itu seprti piring lalu menampunglah kawah yang mati itu air hujan dan penuh. Karna kawah itu mati maka jadilah telaga

 

Dibawah permukaan air telaga adalah belirang lalu terkena sinar matahari melalui pembiasan / pemantulan maka terjadilah warna yang seperti pelangi. Dan jadilah telaga warna. Nah begitu gays fakta unik dari telaga warna yang berkomposisikan ,belirang, air, matahari. biar nggak penasaran ayo gays kita berkunjung ke telaga warna. Oya gays selain warnanya yang unik telaga warna juga mempunyai saudara yaitu telaga pengilon, anehnya lagi kalau telaga pengilon tidak berwarna dan memantul seperti  kaca cermin kalau orang dieng bilang adalah pengilon(cermin). Yang mitosnya kalau hati kita g bersih maka penampakan kita diatas telaga pengilon akan jelek, tapi kalau hati kita baik sebaliknya  penampakan kita diatas telaga pengilon akan jadi rupawan..hehehe kira kira begitu gays mitosnya. Walau telaga warna dan telaga pengilon bersandingan telaga telaga itu mempunyai karakter yang sangat berbeda. Nah ini gays perbedaanya

  • Jika telaga warna mempunyai bau telor busuk maaf kaya kentut gitu, telaga pengilon tidak barbau.
  • Telaga warna berwarna, telaga pengilon tidak berwarna
  • Telaga warna tidak berpenghuni(tidak ada ikan yang hidup/mampu hidup lebih dari30menit di telaga warna) maka di telaga pengilon banyak sekali penghuninya (malah banyak ikan ikan yg besarnya diatas 10kg)

 

Jadi begitulah perbedaan telaga warna dan telaga pengilon, walau berbeda mereka selalu berdampingan. Gays telaga aja mengajarkan pada kita walau berbeda mereka selalu berdampingan gak pernah berantem, buktinya walau beda mereka dari dulu selalu berdampingan gak ada salah satu dari mereka yang  pindah / pergi., mereka selalu rukun walau berbeda.hehe seperti Negara kita walau berbeda beda tetap satu jua.

 

Pesona telaga warna Nggak cuman telaga pengilon aja gays yang mengiringi telaga warna, di dalam telaga warna juga terdapat 4 goa. Goa semar, goa sumur, goa jaran, goa pengantin, nah disini kami akan ceritakan sedikit mitos dan sejarah goa yang ada didalam telaga warna supaya sedikit hilang rasa penasarasan.

 

Dulu waktu sebelum orang no1 di Indonesia menjadi presiden (soekarno), beliau pernah bersemedi di dalam goa semar bersama para  sahabat sahabatnya, beliau bersemedi di dalam goa semar kurang lebih selama 1minggu sendirian  dan sahabat sahabatnya bersemedi juga di 3goa lainya yaitu goa jaran, goa sumur, goa pengantin.

 

Setelah masa presiden pertama selesai, presiden ke 2 (soeharto) juga mengikuti langkah presiden pertama beberapa bulan setelah menjadi presiden, beliau juga bersemedi di goa semar kurang lebih selama 3hari. Tapi beliau bersemedi sendiri tidak bersama sahabat sahabatnya. Nah kurang lebihnya seperti itu gays sejarah napak tilas goa yang ada di telaga warna.

 

 

Untuk mitosnya goa yang ada dalam telaga warna begini gays ceritanya, mari kita ulas sedikit mitosnya

  • Goa semar mempunyai mitos bahwa goa semar adalah persemayaman semar. di goa semar mitos banyak sekali benda benda pusaka dan di goa semar juga biasanya di buru para pemuja kekayaan, karna di goa semar biasa untuk pasugihan. Gays jangan salah ya rizki sudah di atur maka jangan tergoda sama setan untuk mencari pasugihan di goa semar.hehehee kita bersyukur aja dan selalu merasa cukup, biar tidak tergoda dan menjadi musrik.hehe
  • Goa jaran mempunyai mitos tempat / rumahnya Pegasus kalau orang dieng menyebutnya jaran sembreni (kuda bersayap), yang mana jika kita mengambil pusakanya / kita bersemedi di dalamnya kita bisa terbang.
  • Goa sumur goa yang kecil dan di dalamnya ada sumur yang besar yang bermitoskan bahwasanya jika pasangan suami istri lama tidak mempunyai anak maka suami istri tersebut mengambil air yang ada di dalam goa sumur lalu di minum di goa sumur  maka mereka pulang akan segera dapat anak
  • Goa pengantin nah ini gays yang lama menjomblo pasti kepikiran goa pengantin.heehe soalnya mitos goa pengantin adalah dimana jika sudah lama sendiri / sulit dapat jodoh jika kita masuk ke goa pengantin dan mengambil air untuk mandi kita segera dapat jodoh malah di kejar kejar jodoh.

Imbuhan gays untuk meluruskan semua itu hanya mitos, fakta yang asli semua ke kekuatan dan  keajaiban hanyalah milik tuhan semesta alam jadi segala bentuk sesuatu kita pasrahkan padanya dan berlidung padanya.

 

Begitulah kurang lebihnya sejarah dan mitos tentang  telaga warna, telaga pengilon dan juga goa goa yang ada di dalamnya. Gays mari berkunjung ke dieng, karna di dieng masih banyak lagi tempat wisata yang menarik juga bersejarah dan penuh mitos. Cukup sekian dari kami tentang telaga warna dan telaga pengilon juga goa goa yang ada di sekitar, gays mudah mudahan artikel yang kami buat bisa membantu

 

Penulis : Supriyadi

Penyunting : Alin

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *